Indy "Jadi Guru? Why Not"

, , No Comments
Akhirnya aku gak bisa membohongi sahabat-sahabatku, bagaimana pun juga saat ini hanya mereka yang aku punya sebagai tempat keluh kesahku. karena aku tidak mungkin banyak bercerita dengan bunda dan ayah.
"Maaf ya fon, tapi kalo gue cerita ke elo, jangan jadiin gue beban hidup lo ya. gue yakin gue bisa atasin ini semua", ucap ku.
"Ya ampun Ndy, apa coba guna nya sahabat. masa iya seorang sahabat tega melihat sahabatnya lagi kesusahan. Enggak kaya gitu Ndy sahabat", jawab Fonny.
"gue lagi ada masalah keluarga fon, perusahaan bokap gue bangkrut. pengiriman barang ke luar negeri gak sampai-sampai sejak 3 bulan yang lalu. biasanya gak sampai seminggu udah tiba di negara tujuan. dan sekarang bokap gue gak tau itu barang ada dimana, bokap gue coba melakukan penelurusan dan biayanya itu gak sedikit. sampai-sampai saat ini uang kas perusahaan habis. bokap gue gak sanggup bayar karyawannya, tapi karyawan bokap gue gak mau putus asa. bokap gue ngerasa gak enak sama karyawan2 nya, akhirnya bokap gue pinjem tabungan nyokap sama ngejual mobil kita. ya bunda bilang si mobilnya bukan di jual, tapi di tuker sama yang lebih sederhana. yang bikin gue ngerasa beban keluarga gue itu masalah uang bayaran bulanan sekolah gue. lo tau sendiri kan, bayaran perbulan sekolah kita hampir 1 juta sebulannya. gue mau kerja, perusahaan mana coba yang mau terima part time anak sekolahan dengan ijazah smp", cerita ku pada Tere dan Fonny



"Oh gitu, Ndy ini itu ujian dari Tuhan. gue yakin lo sama keluarga lo bisa keluar dari ujian ini asalkan kalian bisa sabar", ucap Fonny.
"terima kasih banyak ya fon", ucap ku singkat
"Ndy, jangan pernah anggap sahabat itu gak bisa ngurangin beban lo. emang bener gue gak bisa ngasih materi apa-apa ke elo, tapi gue akan terus kasih dukungan ke elo", ucap Fonny padaku.
"Ya Allah makasih banget ya, gue beruntung punya sahabat seperti kalian", ucap ku dengan mata berkaca-kaca.
"Fon, lo mau gue drop dimana?", tanya Tere
"eh udah mau sampai ya, di lampu merah aja ter, nanti gue jalan kaki ke dalem Taman Anggrek", ucap Fonny.

"Wah enggak deh, mending gue anter lo sampai lobby mall, gue gak mau nurunin sahabat gue di pinggir jalan", ucap tere.
"Wah yang bener nih, ish puji tuhan banget punya sahabat kaya kalian", ucap Fonny sambil memeluk kami dari belakang.
"hahaa, Ndy nanti kita turun sebentar yah, masa gue main ke rumah lo gak bawa apa-apaan", ucap Tere.
"Ih apaan si lo Ter, santai aja kali. bunda pasti udah masak", ucap ku
"Masih kaku aja si lo Ndy", ucap Tere
"hahahaa", kami tertawa bersama-sama.
Mobil Tere memasuki pelataran parkir mall taman anggrek. Dan kami pun bergegas masuk ke dalam mall yang saat ini sedang memasang tema imlek, dimana terdapat banyak lampio di setiap sudut mall.
"Lo janjian dimana sama tante lo fon", tanya Tere.
"di toko buku, soalnya si tante gue itu frustasi banget ngajarin anaknya", jawab Fonny.
"oh gitu, eh nanti gue nyusul ke toko bukunya ya, mau ke toilet nih udah kebelet", ucapku buru-buru.
"yaudah gue juga mau cari makanan, nanti janjian disana aja ya, atau bbm lah dimananya oke", ucap tere.
"sip", ucap fonny.
aku bergegas mencari toliet, akhirnya aku menemukan tapi toilet ini terlihat penuh. aku harus mengantri. selama aku mengantri bb ku tak henti-hentinya berbunyi.
-fonny- :
PING!
cepetan ke toiletnya, gue belum ketemu sama tante gue.
iseng di toko buku sendiri
me:
masih antri gue
gila mentang-mentang gretongan antri cyn
hahaha
-fonny-:
eh ada cowok ganteng
me:
yaudah sana samperin
tapi bukan brondong kan
-fonny-:
emangnya gue tere
hahaha
me:
gue mau masuk toilet
nanti gue susul elo
-fonnyy-:
sipp non, cepetan ya
aku pun masuk ke dalam bilik toilet yang terlihat cukup bersih untuk ukuran toilet umum. pas aku sedang berada di dalam toilet tiba-tiba hpku berdering, yup notifikasi bbm. si fonny sepertinya sudah gak betah di toko buku sendirian.
Bagas:
Lagi ngapain Ndy, maaf ya tadi siang bikin kamu nangis. nggak masksud ribut sama tere :)
aduh ngapain lagi nih bocah pake bbm gue segala, klo gue just read nanti di sangka sombong lagi, pikirku.
me:
lagi di TA gas sama Tere sama Fonny. nangis? siapa yang nangis?
Bagas:
alhamdulillah, kirain masih gak mau bales bbm gue
oh lagi di TA, gue susul ya. btw boleh join kan?
me:
gue cuma ngedrop fonny kok gas, nih udah mau balik :)
Bagas:
btw tadi kamu nangis kenapa? maaf ya kalo tadi karena aku
me:
hahaha gara-gara kamu gas, bukan kok. santai aja dan gak ada yang perlu di maafin kayanya :)
Bagas:
hehehe
oiya kalo aku nagih hutang gimana?
me:
hutang? emang punya hutang apaan aku sama kamu gas?
Bagas:
hutang ngeDate :P
me:
haha, aku kan waktu itu bilang next time gas, bukan ngeDate. btw udah dulu ya, lagi buru-buru :)
Bagas:
tapi kan aku bilang maknanya udah berubah, ok nanti di lanjut lagi ya bbm nya :)
aku segera menuju ke lantai 6 dimana toko buku berada. terlihat fonny melambaikan tangan, dan aku berjalan ke arahnya.
"Ndy, kenalin nih tante gue yang gaul", ucap Fonny
"Sherly", ucap tantenya Fonny yang terlihat sangat cantik dan modis
"Indy tante, teman sekelasnya Fonny", ucapku manis
"Jangan panggil gue tante dong, nih pasti kerjaan lo ya fon, gue masih muda tau, panggil mbak sherly aja ya", ucap tante sherly.
"ye secara susunan keluarga kan elo emang tante gue mbak, emang elonya aja yang gak mau di panggil tante", jawab Fonny santai.
"yaudah elo ndy, panggil gue mbak sherly aja", ucap tante sherly eh mbak sherly maksudnya.
“siap mbak”, ucap ku
“Evannya mana mbak? Kok gak keliatan?”, tanya Fonny
“ah dia mah biasa klo main ke mall yang dia cari cuma satu “mainan”, jawab mbak sherly
“namanya juga anak-anak mbak, kan paling suka sama mainan”, ucap ku ramah
“ih klo si Evan ini beda Ndy, gue sampai stress hadapinnya. Gue les in di bimbingan belajar ngamuk, gue panggil privat ke rumah nggak mudeng anaknya, pasrah deh gue kalau nanti dia gak naik kelas”, jawab mbak sherly pasrah
“Oh mbak, si Indy ini pintar loh, siapa tau bisa bantu Evan belajar”, ucap Fonny spontan
“Ah fonny bisa aja, biasa aja kok mbak”, ucap ku
“Ye, gak usah ngerendah gitu deh lo Ndy, sejagat raya juga tau kali kalo lo itu emang pintar”, ucap Fonny lebay
“hahaa, boleh boleh Ndy, kalo gue minta bantuin lo ngajarin si Evan gimana?, lo bisa atur waktu deh kapan bisanya elo, yang penting seminggu 3 kali pertemuan, mau bayaran berapa aja terserah elo yang penting anak gue mau belajar”, ucap mbak Sherly antusias.
“Gimana ya mbak, aku sih belum pengalaman mengajar”, ucap ku
“Gue sih gak perlu guru yang berpengalaman, yang penting bisa ngajarin anak gue dengan sabar, soalnya daya pikirnya masih rada lambat”, jelas mbak Sherly
“Oh gitu, aku coba deh mbak”, ucap ku mengiyakan
“Oke, besok bisa ke rumah gue di kebon jeruk, gak jauh kok dari sekolah kalian. Ya sekitar jam 2 an aja”, ucap mba Sherly
“Inshaallah bisa mbak, jam 1 kita udah keluar kelas kok”, jawab ku
“Mami, aku mau mainan ini”, ucap anak laki-laki bermata cokelat.
Dan ternyata anak itu ternyata Evan yang sejak tadi menjadi bahan perbincangan kita.
“Evan, kesini sebentar nak”, ucap mbak sherly
“Tapi aku mau mainan ini ya Mami”, pinta Evan
“Evan sayang, berapa banyak mainan plastik yang kamu punya semuanya kamu rusak. Sini kenalkan ini temannya kak Fonny namanya Kak Indy, mulai besok kamu belajar di temanin sama kak Indy”, jelas mbak Sherly
“Hallo kakak, aku Evan”, ucap Evan sambil mengulurkan tangan
“Hai Evan, saya kak Indy. Besok kita belajar bareng yah”, ucap ku ramah
“Aku kalau belajar bareng mau Cuma kalo di suruh ikut les aku gak mau kak”, jawab Evan polos
“Oke besok kita belajar bersama aja ya”, ucapku
“Mami aku gak jadi beli mainan ini deh, aku mau burger aja”, ucap Evan
“hey, kalian disini toh, gue muter-muter nyariin kalian”, ucap Tere dengan nada terengah-engah.
“Eh Tere, udah lama ya gak ketemu”, ucap mbak Sherly
“Wah mbak apa kabar, tambah kece aja nih sekarang”, ucap Tere
“Ah elo bisa aja, eh gue sama Evan mau ke Burger King, join yuk gue traktir deh”, ajak mbak Sherly
“Wah terima kasih mba, mau jalan lagi nih abis ini”, ucap ku
“yaudah tapi next time jangan nolak yah, oiya Ndy jangan lupa besok”, ucap mbak Sherly
“Sip mbak”, ucap ku
Aku dan Tere meninggalkan mbak Sherly, Fonny dan Evan di Mall Taman Anggrek dan bergegas pulang.
Sesampainya di rumah ku lihat bunda sedang duduk manis di ruang tengah sambil membaca majalah tentang rumah, ku lihat ada beberapa kerutan di kening bunda dan aku yakin bunda pasti sangat kepikiran tentang masalah yang sedang menerpa keluarga kami.
“Assalamu’alaikum”, ucap ku dan Tere bersamaan.
“Eh waalaikum salam, Tere apa kabar, kalian udah pada makan belum, yuk makan siang dulu”, ucap bunda
“Baik tante, tante kalau aku kesini nawarinnya makan terus nih, nanti akunya tambah melar deh kalau lama-lama disini”, ucap Tere bercanda
“Iya dong, biar kalian tambah sehat, yuk makan dulu”, ucap bunda
“Terima kasih tante, kita sudah makan tadi di kantin sekolah. Oiya tante nih ada cemilan sedikit”, ucap Tere sambil memberikan 2 pack Jco
“Ya ampun ngerepotin banget sih Tere”, ucap bunda
“Cuma Jco kok tante”, jawab Tere.
“Putra mana bun?”, tanya ku
“Putra lagi tidur siang, lelah sepertinya dia kebanyakan main di sekolah tadi”, jawab bunda.
“Oh gitu, aku ke kamar ya bun”, ucap ku
“Iya sayang, nanti bunda minta tolong bibi bawakan minum sama cemilan”, ucap bunda
“Terima kasih ya bun”, ucapku sambil memeluk bunda. Merasakan kegelisahan yang sedang di rasakan bunda ingin rasanya aku terus memeluknya.
“Kok anak bunda jadi manja gini peluk-peluk?, sama-sama sayang. Sana gih ganti pakaian dulu, ajak Tere sekalian ke kamar, siapa tau dia mau tidur-tiduran”, ucap bunda di dalam pelukanku.
Aku pun melepaskan pelukanku untuk bunda dan pergi menuju kamarku. Mataku sudah berkaca-kaca merasakan keresahan yang terjadi pada bunda. Tapi aku tidak akan menunjukan kesedihan ku di depan bunda. Sesampainya di kamar aku air mataku pun mengalilr dengan derasnya, terasa bendungan yang jebol.
“Ndy, sabar ya”, ucap Tere sambil memelukku.
“Gue gak tega Ter liat bunda kaya gini”, ucapku sesegukan.
“Jangan sedih terus, nanti kalo bunda liat lo nangis dia nanti tambah sedih”, ucap Tere padaku.
“Iya Ter, gue maunya sih gitu. Cuma gak tega aja liat wajah bunda yang murung kaya sekarang”, ucap ku
“Ndy, mending lo bilang sama bunda soal privat Evan, siapa tau beban bunda agak sedikit ringan”, ucap tere.
“Pasti ter, tapi kira-kira bunda ngijinin gue gak ya?”, tanya ku
“Gue yakin, bunda orang yang berpikir sangat objektif, gak mungkin dia gak setuju dengan lo jadi guru privat”, Tere menenangkan.
“Ter, Makasih banget ya”, ucap ku
“Sama-sama Ndy, jangan nangis lagi ya”, ucap tere yang sangat menyejukan hatiku.
Aku mengangguk seraya menyetujuinya. Aku segara mengganti pakaian sekolahku dengan pakaian rumah dan bergegas sholat dzuhur. Keberadaan tere saat ini di kamarku benar-benar dapat merubah suasana hatiku, dia banyak bercerita tentang hubungannya dengan berondong Ricky.
“Ndy, si Bagas bbm lo gak”, tanya Tere.
“Iya ter, tadi siang. Maaf ya tadi gue bales soalnya tadi gak sengaja ke buka”, jawabku
“Ngapain minta maaf coba, santai aja. Emang gue pernah suka sama Bagas dulu, tapi sekarang gue udah ada Ricky, tenang aja gue bukan orang yang stuck aja sama satu cowok, Lo suka ya sama dia”, Tanya Tere
“Hah? Suka? Untuk saat ini gue sih belum ada rasa apa-apa sama dia, gue masih anggap dia teman layaknya gue sama anak-anak yang lain”, jelasku
“Bagas sebenernya anak yang baik, gue suka sama dia dulu karena pribadinya yang apa adanya”, ucap Tere
“Lo masih suka sama dia ter?”, tanya ku
“untuk saat ini sih cuma Ricky yang ada di hati gue, tapi gue cuma mau kasih tau lo aja Ndy, lo hati-hati sama Bagas”, jawab Tere
“iya”, jawabku singat
Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 4 sore. Dan tere pun berpamitan pulang, karena kalau dia pulang melebihi pukul 5 pasti dia akan terjebak macet di tol. Aku mengantar Tere sampai ke parkiran mobil. Aku berterima kasih sekali karena Tere dan sahabatku selalu ada untukku.

-bersambung-

0 Comment:

Posting Komentar